Halaman

Senin, 26 November 2012

Bolu Kukus Oreo

Aduhhhh.....ngulang lagi dari awal tadi lupa di save ilang dehhhh.....wah jadi lupa....pie iki....oh iya jadi gini critanya, setelah sekian lama rehat dari kegiatan bikin kue sekarang udah mulai bikin lagi
ga tau kenapa kok kemaren kemaren males banget rasanya. 
Lagi iseng mo ngapain ya? kerjaan udah kelar si queena bobo...wah kesempatan neh mumpung lagi bobo di sambi bikin sesuatu aja,,, kalo lagi melek bisa di recokin. Lihat lemari masih ada terigu, kaya nya telur juga masih ada deh, coba lihat toples tempat bahan kue...nah SP nya masih setengah bisa jadi bolu nih tapi bikin bolu apa ya?? buka kulkas ada oreo nya si queena, pake aja dulu besok beli lagi hehe....paling ntar juga di cari in ore ore queena mana???
Hallooo.....aku queena mo narsis dulu ah....




Ini resep Bolu kukus oreo, simple and mudah koq gak pake nimbang nimbang jadi juga. Timbangan sih benernya ada cuma kadang suka males ribet. Kecuali kalo copas resep laen yang perlu ditimbang ya ditimbang ya biar hasil nya maknyusss...Buat temen temen yang mau nyoba silakan ini memang untuk pemula. Eh ini gelas nya pake gelas yang belimbing itu ya....gelas yang jadul itu lho...tapi kalo gak ada pake yang agak menyerupai aja kali yaaa....

Bahan :
1 gelas terigu protein sedang
4 butir telur
1/2 gelas gula pasir
1/2 gelas minyak goreng (pilih yang bagus)
1/2 sdt SP (emulsifier)
6    keping biskuit oreo (tanpa cream nya) tumbuk agak kasar  (kalo mo lebih boleh)
Cara membuat :
1. Oles loyang dengan mentega atau margarin selanjutnya taburi dengan terigu
2. Panas kan terlebih dulu dandang atau kukusan kurang lebih 10 menit
3. Campur telur, gula dan sp mixer sampai kental berjejak
4. Masukan terigu sedikit demi sedikit aduk balik sampai rata
5. Masukan minyak aduk
6. Terakhir masukan biskuit oreo aduk rata kemudian tuang dalam loyang
7. Kukus selama 30 menit, untuk mengetahui sudah matang atau belum tusuk dengan lidi atau tusuk sate bila masih ada yang tertinggal berarti belum matang (jangan lupa alasi tutup kukusan dengan lap bersih agar uap tidak menetes ke adonan)




Nah penampakan nya begini, ini udah di potong keliatan kan dalam nya ada oreo nya kecil kecil. Kalo yang di atas masih bulet utuh. Pas kemaren di upload ke facebook ada temen yang tanya resep ma bikin nya biar gak bantet gimana ya mbak???? ternyata ada tips and trik nya lho. 
Kuncinya bahan kering tidak boleh ketemu bahan basah, terus semua alat yang di gunakan harus bersih dan kering tidak boleh ada setetes air tertinggal ini bisa merusak adonan. Pas ngemix adonan searah jarum jam atau sebaliknya harus konsisten jangan di puter puter. Untuk mengetahui adonan sudah siap di campur dengan tepung adalah kalo mixer nya diangkat ada sisa adonan yang menempel di mixer membentuk kuncung atau biasa di sebut jambul petruk itu berarti adonan sudah kokoh untuk menopang terigu. Yang terakhir adalah tehnik mengaduk adonan agar tidak turun adalah dengan tehnik aduk balik yang artinya dari bawah ke atas.
Kalau semua prosedur sudah dijalani insyaAllah bolu tidak bantet, tapi kalo masih bantet berarti anda tidak berbakat hehehe....just kidding....di coba terus pasti bisa. Semoga ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba!!!!!




Tidak ada komentar :

Posting Komentar