Halaman

Rabu, 19 Desember 2012

BOLU KEJU

Dapat pesenan bolu dari mbak Nia yang rumah nya di Bulak Klender. Belum tau sih orang nya yang kaya gimana, katanya tau saya dari facebook soalnya kan baru promo hehe...Sempet ragu mau trima apa engga, mintanya bolu keju panggang...secara tiap bikin bolu panggang hasilnya kurang memuaskan seret banget...baru satu gigitan udah habis satu gelas air putih. Tapi aku beranikan diri untuk menerima nya itu juga karena semangat dari my hubby. Oke...ini tantangan harus di coba...Semangat !!!!!
Langsung browsing ke mbah Google cari tau pasti ada rahasia di balik bolu panggang yang moist and enak plus ga seret. Dan akhirnya dapat juga...Alhamdulilah, semoga berhasil. Resep nya sih biasa cuma tekhnik pemanggangan nya yang sedikit berbeda.

Bahan :
  1. 100 gr gula pasir
  2. 1    sdt emulsifier, aku pakai SP
  3. 4    butir telur
  4. 50  gr terigu protein sedang
  5. 25  gr susu bubuk
  6. 25  gr tepung maizena
  7. 1/2 sdt baking powder
  8. 80  gr margarin (cairkan)
  9. 1    sdm susu kental manis
  10. Keju Cheddar (di serut untuk adonan dan topping)
 Cara :
  • Campur margarin dan susu dalam panci kecil, aduk agar tercampur lalu masak dalam api kecil hingga cair
  • Ayak bahan kering sisihkan
  • Kocok telur dan gula dengan kecepatan rendah lalu naikkan kecepatan mixer perlahan, masukkan SP kocok hingga kaku (jabul petruk)
  • Masukkan bahan kering sedikit demi sedikit sambil di aduk balik
  • Setelah tercampur masukkan campuran margarin cair sambil diaduk balik, pastikan tidak ada sisa margarin yang masih di bawah hal ini akan menyebabkan bolu menjadi bantet
  • Masukan parutan keju aduk
  • Tuang adonan dalam loyang bulat diameter 20 lalu panggang
Untuk memanggang tidak dapat dipastikan berapa lama karena tiap oven biasa nya berbeda beda. Apalagi oven ku cuma oven tangkring yang gak ada suhu nya. Hayooo....nah kalau ketemu yang begini ni harus makai perasaan, yaelah kaya apa aja. Tapi bener lho, tadi nya sempat frustasi mau beli aja yang bagusan tapi setelah di pelajari ternyata aku yang belum mengenalmu wahai Oven ku, maafkan aku....Pokoknya sebelum digunakan untuk memenggang, panaskan dulu oven sekitar 15 sampai 20 menit baru masukkan adonan di rak yang bawah. Setelah sekitar 15 menit pindahkan ke rak atas dan lihat lihat saja sampai warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan. Nah hasilnya dapat dilihat di bawah ini...


Habis keluar dari oven jangan langsung di belah ya...dinginkan terlebih dahulu baru di belah menjadi 2 bagian.


Coba lihat deh, tuh kan ga kering...lembut banget. Nah kalau sudah di belah olesi dengan buttercream biar enak.

Satukan kembali bolu dan oles permukaan dengan buttercream kemudian tabur dengan parutan keju

Harus nya pas ambil foto nya sebelum di kemas ya.....hehe...Masih mending sempat ambil foto, buru buru mau di anter soalnya.


1 komentar :

  1. Hi mba, thank you buat sharing infonya.
    Saya mau tanya, apa bener ada pengaruhnya antar bikin kue rasa coklat (menggunakan baking powder), kalo bikin kue rasa original (ga pake baking powder) ?

    BalasHapus